Blog Umum tentang Tutorial Photoshop, Tips Unik, Musik, Games, Informasi dan Aplikasi

6 Kebiasaan Inilah yang Membuat Kuota Internet Kamu Cepat Habis

Penyebab kenapa kuota internet lu cepat habis. Paket data internet biasanya memiliki kuota yang akan aktif selama satu bulan kedepannya, namun terkadang besarnya kuota tersebut bisa habis hanya dalam kurang dari 30 hari, bahkan bisa-bisa hanya beberapa hari doang.

Smartphone dan data Internet memang sudah satu paket gaes, mereka seakan tidak terpisahkan. Keduanya juga berkembang pesat. Bahkan smartphone baru kini memiliki spesifikasi gahar yang bahkan menyaingi spesifikasi laptop. Hadirnya layanan 4G LTE di Indonesia pun membuat kecepatan internet meningkat lebih cepat tapi itu tergantung pada wilayah yang sudah terjangkau.


Salah satu masalah menyebalkan yang kerap dihadapi oleh pengguna smartphone adalah kehabisan kuota internet, kamu pasti pernah dong? atau bahkan sering mengalaminya. Paket data internet yang harusnya aktif selama satu bulan, kuotanya malah habis dalam 2-3 minggu aja. Bahkan parahnya lagi bisa habis hanya dalam beberapa hari. Dan ketika kuota habis orang akan mengisi lagi karena kebutuhan internet yang tinggi, baik itu untuk komunikasi, browsing internet atau hiburan lain seperti game online atau musik.

Smartphone atau Android lu kalau tanpa internet memang bisa bikin mood hancur, kita pun mau tidak mau harus membeli paket data internet lagi. Agar kejadian kehabisan kuota internet tidak terjadi lagi, 

Namun sebenanya ada hal-hal atau kebiasaan yang bisa mempercepat habisnya kuota internet lu, berikut inilah diantaranya.

1.Upload Video

Dengan adanya fitur kamera canggih pada android membuat kita bisa dengan mudah membuat video dengan kualitas sangat bagus gaes, lalu menguploadnya ke situs seperti Youtube, Instagram dll, namun hal tersebut ternyata membuat kuota cepat abis karena ukuran video yang sangat besar.

2. Video Call

Tidak jauh beda dengan mengupload video ke situs jejaring sosial, melakukan komunikasi dengan Free Call baik itu melalui BBM, Skype, Line dll juga bisa mempercepat habisnya kuota, jadi lakukanlah video chat pada waktu yang penting-penting aja apabila kuota internet lu terbatas. atau kalau mau tenang pakai WiFi Gratis aja.

3. Streaming Musik dan Video

Kebiasaan yang menghabiskan kuota internet adalah aktivitas streaming musik dan video. Iya sih lagi tren, apa lagi baru-baru ini ada Netflix. Di mana lu bisa streaming film baru atau seri TV populer seperti Arrow, The Flash, atau Super Girl di layar smartphone. Belum lagi kebiasaan menonton video di Youtube.

Streaming musik dan video adalah layanan yang paling rakus data internet. Tapi mau bagaimana lagi, setidaknya lu harus belajar bijak mengatur data gaes. Contohnya dengan membeli paket data unlimited, atau paket data malam (ngalong) yang disediakan operator.

4. Game Online

Semakin banyak game Android yang mengharuskan lu online untuk memainkannya, sebut saja Clash of Clans, Clash Royale, dan game online lainnya. Yang membuat boros kuota adalah ketika game melakukan update data otomatis di dalam PlayStore. Ada baiknya kamu pilah-pilih game online yang bagus dan ramah akan data ya gaes.

5. Auto Update

Aktivitas boros data selanjutnya adalah auto update aplikasi di Play Store. Pengguna Android rata-rata menggunakan lebih dari 20 aplikasi, dan aplikasi Android rutin mendapatkan update. Bisa kebayang donk berapa banyak data internet yang terkuras?

Untuk menyiasatinya lu bisa atur update aplikasi di Play Store dan update perangkat lunak Android secara manual. lu bisa melakukan update jika terhubung WiFi gratis aja.

6. Download File Besar Berlebihan

File besar seperti update aplikasi memang memakan kuota yang besar bahkan dapat menghabiskan kuota internet lu gaes. Oleh karenanya, perhatikan gaya pemakaian lu dalam mendownload file, terutama file yang berukuran besar.

Selain memakan memory, download file besar juga akan menyedot kuota internet lu. Lebih baik alokasikan untuk kepentingan yang lain aja. Tips agar lu bisa menghemat kuota internet, lakukan download file besar dan penting menggunakan layanan wifi. Saat ini sudah banyak yang menyediakan layanan hot spot / Wifi gratis kok.

Sekarang lu udah tahu kan, jadi salah siapa jika lu kehabisan kuota internet? Selain kita harus berhemat, harapan ke depannya semoga operator bisa lebih transparan soal perhitungan penggunaan data kuota internet. Semoga informasi ini bermanfaat


SHARE

Seventeen

Heii guys yang ada di Blogger Seventeen, jangan Lupa dilihat semua artikel nya, Semoga aja agan agan dapat info dari blog Seventeen dan jangan lupa beri komentar yang baik

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

12 komentar:

  1. saya termasuk yang file auto update, benar2 menjengkelkan tuh update aplikasi dengan sendirinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aplikasi nya seperti google pasti besar tuh pembaruannya

      Delete
  2. eum terbatas banget ya kalau pake kuota, mending pake wifi ya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya dong, kalau pakai wifi mah udh tenang tapi yaa gitu bayarannya mahal wkwk

      Delete
  3. Kalau saya sih sering yg nomor 3, jadi nggak kerasa.. tiba-tiba ada sms masuk dari operator bahwa kuota anda habis wkwk

    ReplyDelete
  4. Bwt blogwalking gan jg boros kalau templatenya berat, wkwk

    ReplyDelete
  5. Sering main game dan blogwalking cepet habis kuota.. Haha

    ReplyDelete
  6. wah ane sering banget main game nih,nice info mas

    ReplyDelete
  7. hehe emang nih, yang jadi kebiasaan ya streaming..

    ReplyDelete
  8. biasa emang streaming yang paling banyak makn quota, abis tuh nge game

    ReplyDelete
  9. youtube tuh biasanya banyak makan quota, kalo ada wifi biasanya download dulu yang versi online di youtube, tar bisa nonton lagi walopun gak ada pulsa

    ReplyDelete
  10. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete