Blog Umum tentang Tutorial Photoshop, Tips Unik, Musik, Games, Informasi dan Aplikasi

Cek Akreditasi Sebelum Daftar ke Perguruan Tinggi

hallo guys, pada artikel ini gua akan bahas soal Penting nya ngecek akreditasi yang ada di Perguruan Tinggi di Indonesia. Hal ini sih sebenernya penting banget! Tapi diantara kita ini banyak banget yang ga peduli, gak ngecek, bahkan sama sekali tidak tahu perihal pentingnya akreditasi ini.
Dan juga ini terjadi pada gua sendiri. Salah satu murid SMK, yang tahun 2016 ini bakalan keluar dari sekolah. Dari dulu, gua itu gak tau kalo akreditasi itu amat lah sangat penting, jika menyangkut tentang perguruan tinggi.



sebelum ke inti nya, kita harus mengetahui apa itu Akreditasi Perguruan Tinggi ?

Akreditasi adalah sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan penjaminan mutu alumni perguruan tinggi, sehingga kualitasnya antar PT tidak terlalu bervariasi sesuai kebutuhan kerja. Akreditasi PT dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT), dan terdiri dari 2 akreditasi, yaitu akreditasi program studi (prodi) dan akreditasi  perguruan tinggi/institusi.

Jika ibarat sebuah mobil, maka akreditasi adalah semacam keterangan kelaikan dari sebuah badan penjamin mutu bahwa mobil yang diproduksinya laik dipasarkan, bahkan tidak hanya di tingkat lokal, tapi bisa bersaing untuk diekspor.


Jadi terkait penting atau enggaknya buat kita semua, yuk kita telaah bareng-bareng guys
Apa aja yang dinilai di Akreditasi ?

1.      Kurikulum dari setiap program pendidikan
2.      Jumlah dosen / tenaga pendidik.
3.      Keadaan mahasiswa
4.      Koordinasi pelaksanaan pendidikan
5.      Sarana dan prasarana pendidikan.
6.      Kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan rumah tangga dari perguruan tinggi.

Liat tuh point-point yang diakreditasinya, kalo dibilang serius ya ini sebenernya serius dan penting. Iya dong, karena penilaian akreditasi ini yang jadi tolak ukur bagus enggaknya suatu prodi atau institusi di Universitas.

dan pula akreditasi itu harus diperbaharui tiap 5 tahun sekali dan setiap prodi di-Indonesia wajib terakreditasi oleh BAN-PT. Bahkan ada UU yang ngatur tentang hal ini.

Tapi… Nyatanya ternyata tercatat di bulan Desember tahun 2014 di Indonesia itu jika dijumlahkan totalnya ada ribuan prodi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang belum terakreditasi!

Bahkan PTN pun banyak yg belum terakreditasi. Gimana coba pendidikan di Indonesia? Padahal kan kalo gak ada akreditasi, ijazah itu gak bisa diproses secara resmi (tertulis di website BAN-PT). Masa kita mau kuliah 4-6 tahun tapi gak dapet ijazah resmi?! kan GOKIL

Bisa dibilang akreditasi itu suatu standardisasi. Jelas mahasiswa yang IPK-nya 4 di PTN/PTS yang akreditasinya A, beda dengan mahasiswa di akreditasinya B. Jadi, akreditasi itu penting buat ngejaga mutu prodi.

Nah, nilai akreditasi itu berkisar antara 0-400

1. Akreditasi A = 361 - 400
2. Akreditasi B = 301 - 360
3. Akreditasi C = 201 - 300

Buat prodi / institusi yang nilainya dibawah 201, berarti N/A atau tidak terakreditasi.

Prodi-prodi yang gak bisa ngejaga mutunya bakal drop nilainya. Tapi masih banyak protes dari pihak yang akreditasinya turun, dan banyak juga pihak yang nganggap bahwa akreditasi itu gak terlalu penting.

Nah, karena gua sekarang masih baru lulus dari SMK, gua belum bisa mastiin info ini cuman mitos atau enggak. Berikut inilah hal yang kalian bakal alamin kalo kuliah di PTN/PTS yang akreditasinya abal-abal. (dikutip dari berbagai sumber di internet)

1. Susah Cari Kerja

Yang gua tau, CPNS itu menerima PTN dan PTS yang ijazahnya minimal berakreditasi C. Noh, gimana yang nggak/belum terakreditasi coba?
Banyak yang bilang juga kalo perusahaan-perusahaan besar itu suka nganggep remeh lulusan akreditasi B ke bawah.

Sedih banget kalo ini emang beneran fakta, mengingat jumlah prodi akreditasi A yang tersebar di Indonesia itu belum bisa dibilang merata.

2. Gak Dapet Ijazah resmi

Kurang sedih gimana coba? Udah kurang lebih 5 tahun belajar, eh taunya gak dapet ijazah karena universitas belum tercatat di akreditasi. Ini yang paling sedih kalo menurut gue.

3. Susah Dapat Pangkat Gede

Lagi-lagi ngaruhnya ke kerjaan. Dari salah satu sumber yang gue dapet dari web, sumber tersebut bilang kalo lulusan akreditasi B itu cuman mentok di staf / karyawan doang. Sedangkan yang lulusan A itu untuk pekerjaan manajer.
Walaupun sebenernya gua kurang percaya sama info ini, karena kan kalo udah kerja yang diliat itu skill bukan ijazah. Tapi ya ini adalah salah satu tanggapan beberapa orang tentang lulusan berdasarkan akreditasi.

So... saran dari gue, sebelum lu daftar ke PTN/PTS, jangan lupa untuk CEK AKREDITASI nya ya guys. Lu bisa cek akreditasi setiap prodi PTN maupun PTS yang ada di Indonesia di website resminya BAN-PT Di sini nihh ( http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php/ ).
Ya minimal lu kuliah di universitas yang terakreditasi dah yak, C juga gapapa lah, gak menutup kemungkinan ketika lu lulus, akreditasi itu bakalan naik. Bisa diliat kapan akreditasi kadaluarsa di link resmi BAN-PT yang gua kasih di atas.

Dan buat lu yang udah terlanjur salah daftar ke yang akreditasinya kurang (< dari B), gak apa apa kok.

Akreditasi itu gak nentuin kesuksesan lu guys. Tapi yang jelas, akreditasi bakal mempermudah kesuksesan lu, jadi selalu cek baik-baik akreditasi di PTN/PTS yang lu pengenin. Bisa aja ternyata PTN/PTS itu abal-abal dan gak berakreditasi. Semoga Bermanfaat...




SHARE

Seventeen

Heii guys yang ada di Blogger Seventeen, jangan Lupa dilihat semua artikel nya, Semoga aja agan agan dapat info dari blog Seventeen dan jangan lupa beri komentar yang baik

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: